Image of Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 : Amandemennya I, II, III, IV

Printed Book

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 : Amandemennya I, II, III, IV



Undang-Undang atau legislasi adalah hukum yang telah disahkan oleh badan legislatif atau unsur ketahanan yang lainnya. Sebelum disahkan, Undang-Undang disebut sebagai Rancangan Undang-Undang. Undang-Undang berfungsi untuk digunakan sebagai otoritas, untuk mengatur, untuk menganjurkan, untuk menyediakan (dana), untuk menghukum, untuk memberikan, untuk mendeklarasikan, atau untuk membatasi sesuatu.

Suatu Undang-Undang biasanya diusulkan oleh anggota badan legislatif (misalnya anggota DPR), eksekutif (misalnya presiden), dan selanjutnya dibahas di antara anggota legislatif. Undang-Undang sering kali amandemen (diubah) sebelum akhirnya disahkan atau mungkin juga ditolak.

Undang-Undang dipandang sebagai salah satu dari tiga fungsi utama pemerintahan yang berasal dari doktrin pemisahan kekuasaan. Kelompok yang memiliki kekuasaan formal untuk membuat legislasi disebut sebagai legislator (pembuat undang-undang), sedangkan badan yudikatif pemerintah memiliki kekuasaan formal untuk menafsirkan legislasi, dan badan eksekutif pemerintahan hanya dapat bertindak dalam batas-batas kekuasaan yang telah ditetapkan oleh hukum perundang-undangan.

Pembahasan dalam buku ini mencakup isi Undang-Undang Dasar 1945 beserta dengan amandemen I, II, III, dan IV. Selain berisikan UUD 1945 beserta amandemennya, terdapat pula susunan dan riwayat singkat kabinet Presiden Jokowi periode 2019-2024, nama-nama pahlawan nasional Indonesia, isi teks proklamasi beserta teks sumpah pemuda, dan isi supersemar dan piagam Jakarta.


Availability

LB01612342.02 ARA uSekolah Cikal Surabaya (Social Sciences)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
342.02 ARA u
Publisher Permata Press : Jakarta.,
Collation
13x19cm; pb; bw; 174p
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786237184102
Classification
340
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous