Image of Sandyakala di Timur Jawa

Printed Book

Sandyakala di Timur Jawa



Sejarah mencatat bahwa Kerajaan bercorak Hindu di Jawa hampir mengalami kehancuran kala Kerajaan Mataram Kuno hancur akibat bencana alam. Mpu Sindok, yang menjabat sebagai menteri tinggi (Rakai Mahamantri Hino) di zaman Raja Dyah Wawa mengambil inisiatif dengan memindahkan kerajaan ke wilayah lain yang lebih potensial dan aman dari bencana alam. Daerah timur Jawa menjadi tujuan Mpu Sindok untuk membentuk Dinasti Isyana yang menandai dimulainya kekuasaan Kerajaan Hindu di Timur Jawa.
Dalam perjalanannya, konflik kekuasaan dan pertikaian saudara hampir selalu mewarnai sejarah Kerajaan turunan dari Mpu Sindok, mulai dari Medang, Kahuripan, Tumapel, Singhasari hingga terakhir Majapahit. Kemunculan dan kejayaan daerah timur Jawa yang kini dikenal sebagai wilayah Jawa Timur tercatat oleh sejarah sebagai suatu kejayaan Nusantara, utamanya di zaman Singhasari-Majapahit di mana hampir seluruh Nusantara bisa ditaklukkan pada masa kejayaan Majapahit.
Buku ini membahas mengenai sejarah kemunculan, konflik yang mewarnai perjalanan sejarah kerajaan-kerajaan Hindu di Jawa Timur, peristiwa penting yang terjadi, peninggalan hingga sandyakala (keruntuhan) dari dinasti Hindu di Jawa yang ditandai dengan perang saudara berkepanjangan dan kemunculan agama baru, Islam yang semakin mempercepat kemunduran Majapahit.


Availability

LB01024646.29 RAM sSekolah Cikal Surabaya (Literature (MSHS))Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
646.29 RAM s
Publisher Araska : Yogyakarta.,
Collation
14 x 20,5; Pbk; Bw; 300p
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786237537212
Classification
640
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
First Edition
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous