Image of Semua untuk Hindia

Printed Book

Semua untuk Hindia



Tiga belas cerita pendek merentang dari masa prakedatangan Cornelis de Houtman hingga awal Indonesia merdeka. Masing-masing menggoda kita untuk berimajinasi tentang sejarah Indonesia dari sudut pandang yang khas: mantan tentara yang dibujuk membunuh suami kekasih gelapnya; perwira yang dipaksa menembak Von Imhoff; wartawan yang menyaksikan Perang Puputan; inspektur Indo yang berusaha menangkap hantu pencuri beras; administratur perkebunan tembakau Deli yang harus mengusir gundik menjelang kedatangan istri Eropanya; nyai yang begitu disayang sang suami tetapi berselingkuh.


Sejak terbitnya karya Buru oleh Pramoedya A. Toer di tahun 1980-an, inilah karya sastra Indonesia yang pertama dan mungkin satu-satunya yang secara radikal menjungkir-balik sejarah nasional.

Ariel Heryanto,
Profesor di Universitas Monash, Melbourne


Iksaka Banu “peniup ruh" yang jitu dalam menghidupkan masa lalu. Di tangannya, kisah berlatar sejarah tersingkap apik, rinci, dan dramatik.

Kurnia Effendi, Sastrawan


Cerita-cerita dalam kumpulan ini membawa kita kepada era kolonialisme yang jarang digali oleh penulis Indonesia modern. Dengan riset yang serius dan teliti, Iksaka Banu mengisahkan tentang cinta, keintiman, kemesraan sekaligus pengkhianatan dan kekejian di antara tokoh-tokoh bumiputra dan Belanda.

Leila S. Chudori, Sastrawan


Availability

LB00774899.22132 BAN sSekolah Cikal Surabaya (Indonesian Literature)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
899.22132 BAN s
Publisher Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) : Jakarta, Indonesia.,
Collation
13.5x20 cm; pbk; bw; ill; xviii+154p
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024248246
Classification
890
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke-4, Maret
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous