Image of Teosofi, Nasionalisme & Elite Modern Indonesia

Printed Book

Teosofi, Nasionalisme & Elite Modern Indonesia



Buku ini menguak peran historis Gerakan Teosofi di Indonesia. Di balik tuduhan Gerakan Teosofi adalah bagian dari konspirasi Yahudi, dihubungkan dengan isu-isu aktual termasuk isu neolib, ternyata Teosofi memberikan nuansa bagi cikal bakal sejarah pluralisme di Indonesia, yakni dengan mengikutsertakan semua unsur (Pribumi, Eurasia, Belanda totok dan Cina).

Lebih jauh lagi, Gerakan Teosofi berkontribusi dalam penciptaan nasionalisme dan kemunculan elite modern Indonesia lantaran persentuhannya dengan gerakan pendidikan, gerakan politik dan gerakan wanita.

Tokoh-tokoh pergerakan Indonesia seperti Tjipto Mangoenkoesoemo, Mohammad Yamin, Agus Salim dan Mohammad Tabrani adalah anggota Teosofi di Indonesia. Banyak tokoh dalam BPUPKI yang pada 1945 menulis konstitusi Indone¬sia memiliki hubungan erat dengan Teosofi, seperti Sukarno, Ki Hadjar Dewantara, Radjiman Wedyodiningrat dan malah Supomo yang begitu berperan dalam paham negara integralistik.

Bukan itu saja, Muso yang sohor sebagai pentolan PKI merupakan murid favorit tokoh penting Hinloopen Labberton di sekolah Teosofi.Iskandar P. Nugraha dengan bukunya ini—di tengah studi sejarah Indonesia yang dapat dikatakan masih belum demikian berkembang—telah menyumbangkan pemikiran berarti seputar sejarah nasionalisme dan kemunculan elite modern Indonesia yang memerlukan banyak revisi maupun perbaikan. Bahan-bahan yang digunakannya sangat luas dan beragam, demikian juga bahan-bahan pustaka terpilih yang digunakannya sangat mengesankan.


Availability

141123BM901 NUG TSekolah Cikal SetuAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Komunitas Bambu : Indonesia.,
Collation
198p; ill; bw; pbk
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786029402001
Classification
901
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
2
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous